Sabtu, 22 Oktober 2011

Mesin Terbaru Mitsubishi

MITSUBISHI baru saja mengungkapkan rincian awal
penerus mesin bensin 1.8 liter
dengan kode 4J10 yang
memadukan variable timing
system MIVEC Mitsubishi dengan
teknologi idle-stop baru Auto Stop & Go (AS&G). Mesin bensin baru 4J10 empat
silinder dengan teknologi AS&G ini
akan melakukan debutnya di
Jepang bulan ini pada kendaraan
untuk pasar lokal RVR, Galant
Fortis dan Galant Fortis Sportback. Setelah itu mesin ini
juga akan terpasang pada
kendaraan di atas versi global
yaitu ASX/Outlander Sport,
Lancer sedan dan Lancer
Sportback. Mitsubishi mengungkapkan bahwa
dengan perpaduan teknologi
MIVEC dan AS&G, tiga model mobil
Mitsubishi tersebut menunjukkan
peningkatan efisiensi bahan
bakar sebesar 12 saat dicoba pada mode pengendaraan di
Jepang. Salah satu fitur yang paling
penting pada mesin baru 1.8 liter
ini adalah penyempurnaan
terbaru teknologi MIVEC
(Mitsubishi Innovative Valve
timing Electronic Control) yang selalu mengatur durasi bukaan
katup intake dan waktu
bukaannya. Hingga saat ini Mitsubishi
menggunakan dua tipe sistem
MIVEC. Yang pertama mengubah
diantara perbedaan angkatan
katup dan durasi bukaan katup
yang tergantung pada kecepatan mesin, sementara
sistem yang kedua (pada mesin
4B10), mengubah waktu bukaan
katup secara terus-menerus. Pada MIVEC generasi terbaru,
mampu melakukan dua sistem
tadi secara terpisah pada saat
yang sama sepanjang waktu.
Alhasil, mesin 1.8 liter ini sanggup
mengasilkan daya hingga 139 hp pada 6.000 rpm sengan kekuatan
puntir maksimal 172 Nm pada
4.200 rpm. Fitur auto stop-start sistem
saat ini hanya bisa melayani dan
digunakan pada transmisi manual,
sedangkan sistem AS&G terbaru
Mitsubishi dikembangkan juga
untuk bisa digunakan pada transmisi jenis CVT. (OL-07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar